Banner 468 x 60px

 

Temajuk

0 komentar


Sudah tahukah teman-teman di Desa Temajuk ini menyimpan banyak spot wisata menarik? Salah satunya homestay yang terletak di pinggir pantai namanya Villa Kelapa Dua. Bangunan ini unik sekilas mirip dengan Wae Rebo yang ada di Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Selain hanya berjarak sekitar 4 km dari negara tetangga Malaysia, Pantai Temajuk juga menjadi salah satu destinsai wisata andalan yang dimiliki oleh Kabupaten Sambas. Pesonanya yang begitu indah, seperti pantai berpasir putih dan juga dihiasi bebatuan granit serta karang menjadi spot terbaik buat kalian pecinta selfie. Di tempat wisata di Kalbar ini ada spot yang sangat menarik untuk menikmati keindahan pantai, yakni di dermaga atau jembatan beton yang menjorok ke tengan pantai. Tak heran jika hari sudah mula senja begitu banyak wisatawan yang bersantai sembari menikmati keindahan sunset di Pantai Temajuk. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Temajuk yang masih di dalam wilayah Kecamatan Paloh.

Dan yang sedang populer saat ini yaitu Rumah Terbalik (The Upside Down House of Temajuk). Rumah Terbalik terletak di Dusun Camar Bulan, Desa Temajuk.


Rumah Terbalik mulai dibuka akhir tahun 2016 dengan pengunjung yang datang dari berbagai daerah mulai dari yang dekat hingga yang jauh ada yang dari Pemangkat, Sambas, Singkawang, Pontianak hingga dari Kuching, Malaysia.

Pantai Temajuk memiliki garis pantai yang cukup panjang yaitu kurang lebih 60 kilometer. Sesampainya di Pantai Temajuk anda akan dihadapkan dengan kondisi pantai yang masih alami, dengan pantai pasang surut yang eksotis, hamparan pasir pantai yang lembut berpadu dengan gugusan bebatuan granit yang membentuk formasi yang indah. Airnya pun jernih, saat cuaca cerah langit yang biru bersih tanpa awan akan menambah keindahan.

Di Pantai Temajuk ini, Anda dapat menikmati keindahannya dengan berjalan-jalan di tepi pantai dan dermaga atau berenang. Pada Bulan Oktober-Februari merupakan saat yang tepat bagi peselancar untuk menguji adrenalin. Karena angin cukup kencang dan tinggi gelombang di pantai ini bisa mencapai 2 meter, bahkan lebih. Di dermaga Temajuk yang sangat panjang dan menjorok ke laut, anda bisa melihat panorama yang sangat indah, terutama pada saat sunset, jangan sampai melewatkan detik-detik matahari tenggelam kembali ke peraduan yang eksotis dari Pantai Temajuk.
Anda juga bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan menggunakan snorkel di Teluk Atong. Keseruan di Temajuk bukan hanya keindahan pantainya jika anda beruntung anda bisa melihat salah satu hewan yang tergolong langka dan dilindungi yaitu Penyu yang biasanya datang ke pesisir pantai pada malam hari. Pantai Temajuk juga merupakan tempat bertelur bagi penyu-penyu. Tak heran kalau banyak orang yang mengincar tempat ini hanya karena ingin melihat hewan penyu tersebut, karena memang susah untuk ditemukan di daerah lain di Kalimantan Barat khususnya.

Bagi anda yang berasal dari daerah jauh, jangan bimbang ingin pergi ke sini, sebab di Desa Temajuk juga terdapat villa yang unik, sehingga bisa membuat anda betah berada di sini. Pembangunan Villa hasil kerjasama pemerintah Daerah Kabupaten Sambas bersama warga sekitar tersebut merupakan salah satu bukti bahwa Pantai Temajuk sangat digemari pengunjung, dengan harga yang termasuk murah sekitar Rp.150.000,00 rupiah sampai dengan Rp.300,00,00 rupiah saja. Apalagi posisinya menghadap langsung ke daerah pantai, sehingga anda bisa juga menikmati keindahan pantai dari villa tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
West Borneo Tourism © 2020 Supported by West Borneo